Mandi janabat dan hal-hal yang berhubungan
dengannya
Mandi janabat adalah mandi yang disyaritakan
oleh agama bagi orang yang berhadats besar apabila mereka akan shalat.
Hal-hal yang termasuk hadats besar dan wajib
mandi atanya
a. Sehabis bersetubuh, baik keluar mani maupun
tidak.
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيِّ ص قَالَ:
اِذَا جَلَسَ بَيْنَ شُعَبِهَا اْلاَرْبَعِ ثُمَّ جَهَدَهَا فَقَدْ وَجَبَ
عَلَيْهِ اْلغُسْلُ . احمد و البخارى و مسلم. و لمسلم و احمد: وَ اِنْ لَمْ
يُنْزِلْ. فى نيل الاوطار 1:259
Dari Abu Hurairah dari Nabi SAW beliau bersabda,
“Apabila (seorang diantara kamu) duduk antara anggota badan wanita yang empat
(dua kaki dan dua tangannya) kemudian mereka menyetubuhinya, maka sungguh telah
wajib mandi atasnya”. [HR. Ahmad, Bukhari
dan Muslim] Dan dalam riwayat Muslim dan Ahmad, ada tambahan, “Meskipun
ia tidak keluar mani”. Dalam Nailul Authar juz 1, hal. 259.
عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ
ص: اِذَا قَعَدَ بَيْنَ شُعَبِهَا اْلاَرْبَعِ ثُمَّ مَسَّ اْلخِتَانُ اْلخِتَانَ
فَقَدْ وَجَبَ اْلغُسْلُ. احمد و مسلم و الترمذى و صححه و لفظه. اِذَا جَاوَزَ
اْلخِتَانُ اْلخِتَانَ وَجَبَ اْلغُسْلُ. نيل الاوطار 1:260
Dari ‘Aisyah RA, ia berkata : Rasulullah SAW
bersabda, “Apabila (seseorang diantara kamu) duduk antara anggota badan wanita
yang empat (dua kaki dan dua tangannya), kemudian khitan menyentuh khitan, maka
sungguh telah wajib mandi”. [HR. Ahmad, Muslim dan
Tirmidzi, dan Tirmidzi menshahihkannya] Adapun lafadh Tirmidzi :
“Apabila khitan melewati khitan, maka wajib mandi”.[HR. Tirmidzi I : 73]
(Dlam.Nailul Authar I : 260)
عَنْ عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ ص قَالَتْ:
اِنَّ رَجُلاً سَأَلَ رَسُوْلَ اللهِ ص عَنِ الرَّجُلِ يُجَامِعُ اَهْلَهُ
يُكْسِلُ. هَلْ عَلَيْهِمَا اْلغُسْلُ؟ وَ عَائِشَةُ جَالِسَةٌ. فَقَالَ رَسُوْلُ
اللهِ ص: اِنِّى َلاَ اَفْعَلُ ذلِكَ اَنَا وَهذِهِ. ثُمَّ نَغْتَسِلُ. مسلم: 1:272
Dari ‘Aisyah RA istri Nabi SAW, ia berkata :
Sesungguhnya ada seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah SAW tentang orang
laki-laki yang mengumpuli istrinya, tetapi ia tidak keluar mani. Apakah
keduanya wajib mandi ?. Pada waktu itu ‘Aisyah sedang duduk (di dekat Nabi
SAW). Maka Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya aku pernah melakukannya yang
demikian itu, aku dengan istriku ini, kemudian kami mandi”. [Muslim I : 272]
b.Mengeluarkan mani sebab mimpi dan lain-lain
عَنْ عَلِيًّ رض قَالَ: كُنْتُ رَجُلاً مَذَّاءً
فَسَأَلْتُ النَّبِيَّ ص فَقَالَ: فِى اْلمَذِيِّ اْلوُضُوْءُ وَ فِى اْلمَنِيِّ
اْلغُسْلُ. احمد و الترمذى و ابن ماجه
Dari Ali RA, ia berkata : Aku adalah seorang
laki-laki yang banyak mengeluarkan madzi. Maka aku bertanya kepada Nabi SAW
tentang hal itu. Nabi SAW menjawab, “Madzi hanya mewajibkan wudlu, dan (keluar)
mani mewajibkan mandi”. [HR. Ahmad, Tirmidzi
dan Ibnu Majah]
عَنْ خَوْلَةَ بِنْتِ حَكِيْمٍ اَنَّهَا سَأَلَتِ
النَّبِيَّ ص عَنِ اْلمَرْأَةِ تَرَى فِى مَنَامِهَا مَا يَرَى الرَّجُلُ، فَقَالَ:
لَيْسَ عَلَيْهَا غُسْلٌ حَتَّى تُنْزِلَ كَمَا اَنَّ الرَّجُلَ لَيْسَ عَلَيْهِ
غُسْلٌ حَتَّى يُنْزِلَ. احمد فى نيل الاوطار 1:262
Dari Khaulah binti Hakim, bahwasanya ia pernah
bertanya kepada Nabi SAW tentang wanita yang bermimpi sebagaimana orang laki-laki
bermimpi, maka jawab Nabi SAW, “Wanita itu tidak wajib mandi sehingga ia keluar
mani, sebagaimana laki-laki juga tidak wajib mandi sehingga ia keluar mani”. [HR. Ahmad, di dalam Nailul Authar I : 262]
عَنْ خَوْلَةَ بِنْتِ حَكِيْمٍ قَالَتْ: سَأَلْتُ
رَسُوْلَ اللهِ ص عَنِ اْلمَرْأَةِ تَحْتَلِمُ فِى مَنَامِهَا، فَقَالَ: اِذَا
رَأَتِ اْلمَاءَ فَلْتَغْتَسِلْ. النسائى
Dari Khaulah binti Hakim, ia berkata : Saya
pernah bertanya kepada Rasulullah SAW tentang wanita yang bermimpi dalam
tidurnya, maka jawab Rasulullah SAW, “Apabila wanita itu melihat air (mani)
hendaklah ia mandi”. [HR. Nasai I : 115]
عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: سُئِلَ رَسُوْلُ اللهِ
ص عَنِ الرَّجُلِ يَجِدُ اْلبَلَلَ وَ لاَ يَذْكُرُ احْتِلاَمًا، فَقَالَ:
يَغْتَسِلُ. وَ عَنِ الرَّجُلِ يَرَى اَنْ قَدِ احْتَلَمَ وَ لاَ يَجِدُ
اْلبَلَلَ، فَقَالَ: لاَ غُسْلَ عَلَيْهِ. فَقَالَتْ اُمُّ سُلَيْمٍ: آلْمَرْأَةُ
تَرَى ذلِكَ عَلَيْهَا اْلغُسْلُ؟ قَالَ: نَعَمْ. اِنَّمَا النِّسَاءُ شَقَائِقُ
الرِّجَالِ. الخمسة الا النسائى، فى نيل الاوطار 1:263
Dari ‘Aisyah RA, ia berkata : Rasulullah SAW
pernah ditanya tentang orang laki-laki yang mendapati basah (keluar mani)
tetapi ia tidak ingat bahwa ia bermimpi, maka jawab Rasulullah SAW, “(Orang itu
wajib) mandi”. Dan Rasulullah SAW pernah ditanya tentang orang laki-laki yang
bermimpi tetapi tidak mendapati basahan mani, maka jawab Rasulullah SAW, “Tidak
wajib mandi atasnya”. Kemudian Ummu Sulaim bertanya (kepada Rasulullah SAW),
“Orang wanita kalau mimpi yang demikian itu apakah juga wajib mandi ?”. Jawab
Rasulullah SAW, “Ya, hanyasanya wanita itu saudaranya laki-laki”. [HR. Khamsah, kecuali Nasai, dalam Nailul Authar I : 263]
عَنْ اُمِّ سَلَمَةَ قَالَتْ: جَاءَتْ اُمُّ
سُلَيْمٍ اِلَى النَّبِيِّ ص فَقَالَتْ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اِنَّ اللهَ لاَ
يَسْتَحْيِى مِنَ اْلحَقِّ، فَهَلْ عَلَى اْلمَرْأَةِ مِنْ غُسْلٍ اِذَا
احْتَلَمَتْ، فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: نَعَمْ اِذَا رَأَتِ اْلمَاءَ. فَقَالَتْ
اُمُّ سَلَمَةَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، وَ تَحْتَلِمُ اْلمَرْأَةُ؟ فَقَالَ:
تَرِبَتْ يَدَاكِ، فَبِمَ يُشَبِّهُهَا وَلَدُهَا؟ مسلم 1:251
Dari Ummu Salamah, ia berkata : Ummu Sulaim
pernah datang kepada Nabi SAW. (Ummu Sulaim) berkata, “Ya Rasulullah,
sesungguhnya Allah tidak malu menerangkan kebenaran. Apakah wanita wajib mandi
apabila ia mimpi basah ?”. Maka jawab Rasulullah SAW, “Ya, apabila ia melihat
air (mani)”. Ummu Salamah bertanya, “Apakah wanita juga bermimpi (keluar mani)
?”. Rasulullah SAW bersabda, “Berdebu kedua tanganmu, (kalau tidak
mengelurakan mani) dengan apa anaknya itu menyerupainya ?”. [HR. Muslim I : 251]
c. Wanita setelah selesai haidl dan hendak
shalat
عَنْ عَائِشَةَ رض اَنَّ فَاطِمَةَ بِنْتَ اَبِى
حُبَيْشٍ كَانَتْ تُسْتَحَاضُ فَسَأَلَتِ النَّبِيَّ ص فَقَالَ: ذلِكَ عِرْقٌ وَ
لَيْسَتْ بِاْلحَيْضَةِ. فَاِذَا اَقْبَلَتِ اْلحَيْضَةُ فَدَعِى الصَّلاَةَ،
فَاِذَا اَدْبَرَتْ فَاغْسِلِى وَ صَلِّى. البخارى
Dari ‘Aisyah RA, ia berkata : Sesungguhnya
Fathimah binti Abu Hubaisy menderita istihadhah, lalu ia bertanya kepada Nabi
SAW. Maka Nabi SAW bersabda, “Yang demikian itu adalah (gangguan) urat, bukan
darah haidl. Karena itu apabila datang haidl, tinggalkanlah shalat dan apabila
sudah selesai (haidl itu), mandilah dan shalatlah”. [HR. Bukhari, Nailul Authar I : 265]
d. Wanita sehabis nifas
عَنْ اُمِّ سَلَمَةَ قَالَتْ: كَانَ النُّفَسَاءُ
تَقْعُدُ عَلَى عَهْدِ النَّبِيِّ ص بَعْدَ نِفَاسِهَا اَرْبَعِيْنَ يَوْمًا.
الخمسة الا النسائى و اللفظ لابى داود
Dari Ummu Salamah, ia berkata, “Wanita-wanita
yang nifas pada zaman Nabi SAW tidak shalat setelah melahrikan selama empat
puluh hari”. [HR. Khamsah, kecuali Nasai dan lafadh itu
bagi Abu Dawud]
قَالَ النَّبِيُّ ص: تَنْتَظِرُ النُّفَسَاءُ
اَرْبَعِيْنَ يَوْمًا اِلاَّ اَنْ تَرَى الطُّهْرَ قَبْلَ ذلِكَ فَاِنْ بَلَغَتْ
اَرْبَعِيْنَ يَوْمًا وَ لَمْ تَرَ الطُّهْرَ فَلْتَغْتَسِلْ. ابن عدى
Nabi SAW bersabda, “Wanita yang nifas itu perlu
menunggu empat puluh hari, kecuali kalau ia bersih sebelumnya. Maka jika sudah
empat puluh hari, tetapi belum juga berhenti, hendaklah ia mandi”. [HR. Ibnu ‘Adi]
Kaifiyat/cara mandi janabat
a. Bagi laki-laki, wajib meratakan air ke
seluruh tubuh.
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص:
اِذَا اغْتَسَلَ مِنَ اْلجَنَابَةِ يَبْدَأُ فَيَغْسِلُ يَدَيْهِ ثُمَّ يُفْرِغُ
بِيَمِيْنِهِ عَلَى شِمَالِهِ فَيَغْسِلُ فَرْجَهُ ثُمَّ يَتَوَضَّأُ وُضُوْءَهُ
لِلصَّلاَةِ ثُمَّ يَأْخُذُ اْلمَاءَ فَيُدْخِلُ اَصَابِعَهُ فِى اُصُوْلِ الشَّعَرِ
حَتَّى اِذَا رَأَى اَنْ قَدِ اسْتَبْرَأَ حَفَنَ عَلَى رَأْسِهِ ثَلاَثَ
حَفَنَاتٍ ثُمَّ اَفَاضَ عَلَى سَائِرِ جَسَدِهِ ثُمَّ غَسَلَ رِجْلَيْهِ. مسلم
1:253
Dari ‘Aisyah RA, ia berkata : Adalah Rasulullah
SAW apabila mandi janabat, beliau memulai dengan mencuci dua tangannya.
Kemudian beliau menuangkan air dengan tangan kanannya pada tangan kirinya, lalu
mencuci kemaluannya. Kemudian beliau berwudlu seperti wudlu untuk shalat, lalu
mengambil air (dengan tangan) dan memasukkan jari-jari beliau itu pada pangkal-pangkal
rambut, sehingga apabila dirasanya sudah merata, barulah beliau menyiram kepala
beliau tiga kali dengan kedua tangan. Kemudian beliau menyiram seluruh
tubuhnya, lalu mencuci kedua kaki beliau”.
[HR. Muslim I : 253]
عَنْ عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ ص اَنَّ
النَّبِيَّ ص كَانَ اِذَا اغْتَسَلَ مِنَ اْلجَنَابَةِ بَدَأَ فَغَسَلَ يَدَيْهِ
ثُمَّ يَتَوَضَّأُ كَمَا يَتَوَضَّأُ لِلصَّلاَةِ ثُمَّ يُدْخِلُ اَصَابِعَهُ فِى
اْلمَاءِ فَيُخَلِّلْ بِهَا اُصُوْلَ شَعَرِهِ ثُمَّ يَصُبُّ عَلَى رَأْسِهِ
ثَلاَثَ غُرَفٍ بِيَدَيْهِ ثُمَّ يُفِيْضُ اْلمَاءَ عَلَى جِلْدِهِ كُلِّهِ.
البخارى 1:68
Dari ‘Aisyah istri Nabi SAW, ia berkata,
bahwasanya Nabi SAW apabila mandi janabat baliau mulai dengan membasuh kedua
tangan beliau, kemudian berwudlu sebagaimana beliau wudlu untuk shalat,
kemudian memasukkan jari-jari beliau ke dalam air, lalu meratakannya dengan
jari-jari beliau ke pangkal-pangkal rambut. Kemudian beliau menuangkan pada
kepala beliau tiga kali cedukan dengan kedua tangan beliau, lalu menyiramkan
air pada seluruh kulit (badan) beliau”. [HR. Bukhari I : 68]
b. Bagi wanita.
* Bagian kepala cukup dengan
disiram tiga kali, tanpa harus membuka sanggul rambutnya.
* Kemudian menyiramkan air ke seluruh tubuh
hingga rata.
عَنْ اُمِّ سَلَمَةَ قَالَتْ: قُلْتُ: يَا رَسُوْلَ
اللهِ، اِنِّى امْرَأَةٌ اَشَدُّ ضَفْرَ رَأْسِيْ اَفَاَنْقُضُهُ لِغُسْلِ
اْلجَنَابَةِ؟ قَالَ: لاَ، اِنَّمَا يَكْفِيْكَ اَنْ تَحْثِى عَلَى رَأْسِكَ
ثَلاَثَ حَثَيَاتٍ ثُمَّ تُفِيْضِيْنَ عَلَيْكَ اْلمَاءَ فَتَطْهُرِيْنَ. الجماعة
الا البخارى، فى نيل الاوطار 1:291
Dari Ummu Salamah, ia berkata : Saya bertanya
kepada Rasulullah SAW, “Ya Rasulullah, saya adalah seorang wanita yang memintal
(nglabang) rambut saya, oleh karena itu apakah saya harus membukanya untuk
mandi janabat ?”. Rasulullah SAW bersabda, “Tidak, cukup bagimu hanya dengan
menyiram kepalamu tiga kali siraman, kemudian kamu menyiramkan air ke seluruh
tubuhmu. Dengan begitu kamu sudah bersih”.
[HR. Jama’ah, kecuali Bukhari, dalam Nailul Authar I : 291]
عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عُمَيْرٍ قَالَ: بَلَغَ عَائِشَةَ
اَنَّ عَبْدَ اللهِ بْنَ عَمْرٍو يَأْمُرُ النِّسَاءَ اِذَا اغْتَسَلْنَ اَنْ
يَنْقُضْنَ رُءُوْسَهُنَّ، فَقَالَتْ: يَا عَجَبًا ِلاِبْنِ عَمْرٍو وَ هُوَ
يَأْمُرُ النِّسَاءَ اِذَا اغْتَسَلْنَ بِنَقْضِ رُءُوْسِهِنَّ اَوَ مَا
يَأْمُرُهُنَّ اَنْ يَحْلِقْنَ رُءُوْسَهُنَّ. لَقَدْ كُنْتُ اَغْتَسِلُ اَنَا وَ
رَسُوْلُ اللهِ ص مِنْ اِنَاءٍ وَاحِدٍ وَ مَا اَزِيْدُ عَلَى اَنْ اُفْرِغَ عَلَى
رَأْسِيْ ثَلاَثَ اِفْرَاغَاتٍ. احمد و مسلم، فى نيل الاوطار 1:292
Dari ‘Ubaidillah bin ‘Umair, ia berkata, “Telah
sampai khabar kepada ‘Aisyah RA bahwasanya ‘Abdullah bin ‘Amr menyuruh para
wanita apabila mandi supaya membuka (sanggul) rambutnya. Maka ‘Aisyah RA
berkata, “Saya heran kepada Ibnu ‘Amr, dia menyuruh para wanita bila mandi
supaya membuka (sanggul) rambutnya. Mengapa di atidak menyuruh para wanita
untuk mencukur rambutnya saja ?. Sungguh saya pernah mandi bersama Rasulullah
SAW dari satu bejana, sedang saya tidak lebih menyiram pada kepala saya dari
tiga kali cedukan”. [HR. Ahmad dan Muslim,
dalam Nailul Authar I : 292]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar