Senin, 29 Oktober 2012

KESUKSESAN MERUPAKAN IMPIAN SETIAP INSAN


Sukses adalah satu kata yang semua orang ingin meraihnya. Sukses merupakan impian setiap orang. Berbagai cara dilakukan manusia untuk meraih kesuksesan. Sebagian besar orang yang sukses adalah mereka yang berusaha keras untuk meraih impiannya.
Kesuksesan tidak akan datang dengan sendirinya. Kesuksesan juga tidak dapat dicapai dengan mudah. Untuk mencapai kesuksesan, diperlukan perjuangan dan pengorbanan yang besar. Banyak orang sukses dahulunya adalah orang yang mengalami berbagai kesulitan dalam hidupnya. Namun karena kerja kersanya, mereka bisa melewati berbagai kesulitan tersebut dan bisa menggapai kesuksesan yang menjadi  impian mereka.
Berbagai pertanyaan muncul dari orang-orang yang ingin meraih kesuksesan dimasa depannya.
1.             Bagaimana cara meraih kesuksesan?
2.             Apa saja penyebab kegagalan dan bagaimana cara mengatasinya?
Kedua pertanyaan diatas merupakan pertanyaan penting yang harus ditemukan jawabannya. Melalui tulisan ini diharapkan mampu memberikan jawaban yang bisa diterapkan dalam kehidupan terutama untuk meraih kesuksesan.
Sukses sama dengan berhasil. Kesuksesan adalah keberhasilan seseorang dalam meraih apa yang diimpikan/cita-citakan. Kesuksesan hanya dapat diraih dengan berusaha keras dan pantang menyerah. Menurut Wilma Rudolf dalam bukunya Elfiky (2009:313) yang berjudul Terapi Berpikir Positif, ia mengaku bahwa kunci keberhasilannya terletak pada enam perkara yaitu ;
1.             Percaya kepada Tuhan. Sebab, tanpa Dia aku tidak bisa mewujudkan cita-cita
2.             Cinta yang sangat besar pada sang ibu. Aku ingin membuatnya bangga padaku.
3.             Impian yang teramat besar yang kemudian berubah menjadi kemungkinan, lalu cita-cita yang jelas.
4.             Keinginan yang menggebu dan selalu menguat seiring bergulirnya waktu.
5.             Keputusan yang kuat dan tidak ragu-ragu
6.             Bertanggung jawab penuh atas semuanya. Aku tidak pernah menyalahkan siapapun dan apapun. Aku hanya terus berkonsentrasi pada tujuanku. Aku sangat menghargai waktu latihan, cara-cara sehat, dan hasil yang kudapat, apa pun itu. (Elfiky, 2009:313).
Untuk meraih kesuksesan, seseorang harus mempunyai mimpi terlebih dahulu. Mimpi adalah hal terindah yang pertama kali ada sebelum lahirnya kesuksesan. Bermimpi adalah langkah awal dalam menggapai kesuksesan. Ketika mimpi telah dimiliki, kemudian kuatkan mimpi tersebut.
Ada banyak tahapan untuk menggapai mimpi yang telah ditetapkan. Pertama yakin dan optimis bahwa mimpi akan dapat diraih. Yakin bahwa Tuhan akan mengabulkan mimpi yang diinginkan. Seperti apa yang dikatakan Willma Rudolf, bahwa kunci pertama keberhasilan adalah yakin dan percaya pada Tuhan karena tanpa Dia maka seseorang tidak akan dapat mencapai cita-citanya. Kemudian meminta do’a dan dukungan dari orang tua terutama seorang Ibu.
Kedua yakni belajar dan berusaha keras untuk meraih apa yang telah direncanakan. Motivator Indonesia ternama yaitu Mario Teguh  dalam bukunya yang berjudul life changer (menjadi pengubah hidup) beliau menulis “Rencanakanlah yang akan anda lakukan, dan lakukanlah yang telah anda rencanakan”.
Untuk menggapai mimpi maka perlu membuat target yang terencana. Artinya mulai dari sekarang rencanakan apa yang hendak dicapai dalam menuju cita-cita atau mimpi. Buat target yang bisa membantu tercapainya mimpi. Target harus dibuat dengan sungguh-sungguh dan langkah selanjutnya selalu berusaha untuk mencapai target. Jadikan target sebagai standar terkecil. Jadi selalu berusaha untuk mencapai segala sesuatunya melebihi target yang telah direncanakan.
Langkah ketiga untuk meraih kesuksesan ialah pantang menyerah. Tidak semua orang dapat meraih mimpi dengan lancar dan tanpa melalui kesulitan maupun kegagalan. Orang yang ingin sukses harus mempunyai sikap pantang menyerah karena dalam mencapai cita-cita banyak sekali tantangan yang timbul. Ketika seseorang dihadapkan pada kegagalan, ia harus mampu bangkit satu kali lebih banyak daripada kegagalan yang dialaminya. Misalnya saja seseorang yang telah mengalami kegagalan selama 10 kali maka ia harus mampu bangkit 11 kali begitu seterusnya. Selain itu ketika seseorang dihadapkan pada kegagalan ataupun kesulitan yakinlah bahwa setelah itu akan ada kemudahan seperti judul buku milik R.A Kartini yaitu Habis Gelap Terbitlah Terang.
Semua orang pasti mempunyai mimpi. Namun dalam kenyataannya ada yang berhasil dalam menggapai mimpinya tapi ada juga yang menyerah dengan mimpi yang dimiliki. Tidak sedikit orang yang tidak ingin bermimpi tinggi karena merasa mimpinya adalah hal yang mustahil untuk dicapai. Tetapi tidak sedikit pula orang yang sukses berawal dari mimpi-mimpi yang ada dalam fikirannya. Mengapa demikian? Mengapa ada orang yang sukses dan ada orang yang gagal dalam menggapai mimpinya?
Banyak orang di dunia ini mempunyai kemampuan untuk melakukan suatu hal tetapi mereka tidak yakin dengan apa yang dimilikinya. Itulah yang membuat mereka gagal lebih dulu. Ada istilah “kalah sebelum berperang” inilah istilah yang pantas untuk orang yang tidak mau mencoba sesuatu yang sebenarnya ia mampu untuk melakukannya.
Hal selanjutnya yang membuat seseorang terhalang untuk menggapai mimpinya ialah adanya konsep diri negatif. Konsep diri adalah pandangan pribadi yang dimiliki seseorang tentang dirinya sendiri atau penilaian terhadap dirinya sendiri. Ada dua konsep diri yaitu konsep diri negatif dan konsep diri positif.
Konsep diri positif yaitu penilaian baik terhadap diri sendiri, dimana seseorang menyadari kemampuan yang dimilikinya untuk melakukan suatu hal sehingga ia mampu mengoptimalkan potensi yang ada dalam dirinya. Konsep diri negatif yaitu sebuah penilaian buruk terhadap dirinya sendiri. Kebanyakan orang lebih suka mencari keburukannya dari pada mencari kelebihan yang ada pada diri sendiri, alasannya karena keburukan yang ada pada diri seseorang cenderung lebih terlihat dari pada kelebihannya. Hasil dari ini akan menimbulkan rasa pesimis, rasa rendah diri pada seseorang, dan rasa tidak akan mampu melakukan sesuatu.  Padahal pada setiap diri manusia terdapat potensi yang besar yang dapat dioptimalkan dengan mencoba segala sesuatu yang bermanfaat dan dapat menunjang tercapainya mimpi yang dimiliki.
Untuk meraih kesuksesan seseorang harus mampu menumbuhkah rasa optimis dan mampu melihat konsep diri positif, yakin dengan kemampuan yang dimiliki untuk meraih mimpinya. Kemudian  membuang konsep diri negatif yang dapat menghalangi tercapainya kesuksesan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar